Sabtu, 18 Juni 2016

Mewujudkan Sekolah Ramah Anak






DISUSUN OLEH:

SITI NURHASANAH

3315153031

PENDIDIKAN KIMIA 2015

ESAI INI DIBUAT SEBAGAI SALAH SATU SYARAT ULANGAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH BAHASA INDONESIA

DOSEN PENGAMPU : Dr. MIFTAHUL KHAIRAH ANWAR, M. Hum


PENDIDIKAN KIMIA
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
2016



Mewujudkan Sekolah Ramah Anak 

             Dewasa ini, telah banyak beredar iklan yang berisi kampanye gerakan pendidikan ramah anak. Sekolah ramah anak adalah sekolah yang secara sadar berupaya menjamin dan memenuhi hak hak anak dalam setiap aspek kehidupan secara terencana dan bertanggung jawab. Prinsip utama sekolah ramah anak ialah nondiskriminasi kepentingan, hak hidup, serta penghargaan setiap anak. Sesuai dengan pasal 4 UU No.23 Tahun 2002 tentang perlindungan anak, menyebutkan bahwa anak mempunyai hak untuk dapat hidup tumbuh, berkembang dan berpartisipasi secara wajar sesuai harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapatkan perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi. Anak berhak untuk berpartisipasi dalam segala kegiatan kehidupan sosial demi mendorong tumbuh kembang dan kesejahteraan anak yang lebih maju.
                
                Sekolah ramah anak adalah sekolah yang aman, aman dari gangguan atau diskriminasi dari seluruh warga sekolah. Merupakan sekolah yang  bersih, karena dengan menjaga kebersihan sekolah akan menjamin kesehatan bukan hanya bagi siswa, tetapi juga bagi seluruh warga sekolah. Juga sekolah yang bersifat inklusif, artinya sistem layanan pendidikan memungkinkan bagi anak berkebutuhan khusus belajar di sekolah terdekat di kelas biasa bersama teman teman seusianya, namun tetap menyesuaikan dengan kemampuan anak tersebut. Sekolah ramah anak juga harus memperhitungkan relasi antara lingkungan sekolah dengan pekembangan fisik anak, dan psikososial anak perempuan dan anak laki laki termasuk anak yang memerlukan pelayanan khusus.
                
           Sekolah memiliki mandat untuk menyelenggarakan proses pendidikan dan pembelajaran secara sistematis dan berkesinambungan. Artinya, untuk menunjang adanya sekolah ramah anak, perlu diperhatikan kualitas pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah. Mereka diharapkan juga menjadi fasilitator para murid berperilaku terpelajar. Namun, keberadaan sekolah ramah anak tentunya tidak bisa menjadi satu satunya penunjang keberhasilan anak. Keluarga dan masyarakat sebenarnya adalah pusat pendidikan terdekat anak. Sehingga, dibutuhkan adanya lingkungan yang mendukung, melindungi, memberi rasa aman dan nyaman akan membantu anak dalam proses keberhasilan pencapaian jati diri.
                
             Maka, untuk mewujudkan sekolah ramah anak kita perlu menciptakan suasana yang kondusif, agar anak merasa nyaman dan mampu mengekspresikan potensi yang dimiliki. Beberapa hal yang mampu mewujudkan sekolah ramah anak, antara lain :
1.  Program sekolah yang sesuai dengan dunia anak,
2.  Lingkungan yang mendukung,
3.  Sarana prasarana yang memadai.
                
                  Menjalankan program sekolah yang sesuai dengan dunia anak, artinya program yang mendukung tahap tumbuh kembang anak. Aktivitas yang dilakukan anak diharapkan tidak mengganggu pertumbuhan dan perkembangan anak, baik yang bersifat fisik, mental maupun sosialnya. Program sekolah yang tepat tidak harus memaksa anak untuk melakukan sesuatu, justru mendorong anak untuk berinisiatif melakukan sesuatu. Program yang tepat seharusnya bisa menjadi wadah anak untuk berpartisipasi dalam kegiatan sekolah, sehingga nilai karakter dapat sekaligus terbina sebagai dampak partisipasi aktif anak.

                Lingkungan sekolah yang mendukung, artinya sekolah bisa menjadi wadah anak untuk mempelajari kehidupan. Suasana aktivitas anak yang ada di masyarakat juga diprogramkan di sekolah, sehingga anak mendapatkan pengalaman yang bisa ia dapat di masyarakat. Lingkungan dan suasana yang memungkinkan untuk bermain juga penting untuk anak, karena bermain merupakan hak anak. Di samping itu, penciptaan lingkungan yang bersih, akses air minum yang sehat, bebas kuman dan bakteri, gizi yang memadai merupakan faktor penting bagi  pertumbuhan dan perkembangan anak.  Jika suasana ini tercipta, maka suasana sekolah kondusif untuk menumbuh-kembangkan potensi anak.

                Sarana prasarana yang memadai, sebagaimana sarana prasarana yang dibutuhkan di sekolah adalah yang menunjang kebutuhan proses pembelajaran anak. Tidak harus mahal, asal sesuai dengan kebutuhan. Menurut Prof. Dr. Furqon Hidayatullah, M.Pd, Dekan FKIP UNS, sekolah merupakan tempat pendidikan anak tanpa kecuali, maka akses untuk semua anak juga harus disediakan. Adanya zona aman dan selamat ke sekolah, penataan sekolah dan ruang kelas yang menarik, dan pola pengasuhan dan pendekatan individual anak yang baik, maka sekolah akan menjadi tempat yang nyaman dan menyenangkan untuk anak. Selain itu, sekolah harus bisa menjamin hak partisipasi anak melalui forum anak,dan ketersediaan informasi untuk anak.

                Penjabaran di atas, diharapkan bisa diimplemantasikan diseluruh sekolah di Indonesia. Karena, pendidikan merupakan gerbang manusia untuk berkarya, melatih potensi diri, dan menjalin relasi dengan manusia lain. Kemajuan sebuah bangsa dapat diukur dari kualitas pendidikannya, maka peran serta pemerintah, orangtua, masyarakat, guru ,dan warga  sekolah yang bersinergi diharapkan akan memiliki generasi penerus bangsa yang cemerang, edukatif, dan cerdas. 

Kamis, 10 April 2014

Firasatku

oleh : Alvira Nuraini

            Pagi itu, kuterbangun dari tidur dengan terkejut. Ku perhatikan sekelilingku. Tak ada orang disini selain aku. Ku beranjak pergi meninggalkan kamar, berlari menuju dapur, tapi tak ada seorang pun didapur yang bisa kutemui. Ku tersadar, kusegera berlari menuju taman belakang, tetapi lagi-lagi ku tidak menemukan seorang pun disana. Ku terduduk lelah, memperhatikan sekeliling ku apakah akan ku dapatkan seseorang disini selain aku.
         
   Melonjorkan kaki dengan sedikit pijatan kecil, laluku membaringkan badanku diatas sofa empuk berwarna putih. Ku tatap langit yang sangat cerah, dengan dihiasi oleh awan yang sangat mempesona. Kicau burung pun ikut meramaikan suasana nan syahdu ini. Suara gemercik air kolam membuat suasana semakin terhanyut. Ku lihat awan kecil membentuk wajah mu, memperlihatkan indahnya ciptaan Sang Kuasa. Ku tersadar, ku segera berlari mengejar awan tersebut. Ku terus berusaha menggapai awan tersebut tetapi tak kunjung kudapatkan. Ku telah jauh berlari, ku lelah dan terjatuh dibawah pohon yang sangat rindang dan sejuk. Ku tatap langit, tetapi awan yang membentuk wajah mu telah hilang. Nafas kusedikit terengah-engah, ku hampiri sungai untuk sedikit ku minum airnya. Tapi tak disangka, desahan air sungai seolah menyebutkan namamu. Ku ambil perahu, segeraku ikuti suara itu dengan mengarungi derasnya air sungai. Ku dayung perahu hingga ke ujung sungai.

Sesampai disana langit berubah menjadi gelap, kumelihat kau sedang asyik bermain dengan kunang-kunang indah yang sangat banyak jumlahnya, kau tersenyum denganku, kau memanggilku dan mengajak ku untuk ikut bermain denganmu. Ku segera berlari menghampiri dirimu, ku terus berlari, tapi kau tak kudapatkan ,kau menjauh terus menjauh dan akhirnya kau menghilang. Kau menghilang dengan kunang-kunang yang tadi bermain denganmu. Suasana berubah menjadi gelap gulita, ku terjatuh dan tak bisa melihat. Hujan pun turun seolah menggambarkan suasana hatiku.Hingga akhirnya muncul bulan sabit menerangi yang menggambarkan senyumanmu. Senyuman mu mengartikan agar hujan segera berhenti, menyuruh agar aku tak bersedih. Ku berteriak, kubersihkan air mata yang ada dipipiku. Ku bangkit mengejar senyum mu. Ku terus berlari berlawanan dengan hujan yang turun dengan deras. Gaun putih ku yang tadinya kering berubah menjadi basah dan menyulitkan ku untuk berlari. Aku terpleset dan terjatuh, ku menangis memporak-porakan rerumputan. Lagi-lagi senyum mu hilang. Ku berteriak, kuberputar-putar, kuberlari, ku menangis tapi itu semua percuma, karena kau tak kunjung ku dapatkan, kau tak kunjung ku gapai.


Malam berubah menjadi pagi yang cerah. Ku terbangun, ternyata aku sudah berada dikamar tempat kemarin pertama kali kumencarinya. Gaun putihku yang semalam kotor dan basah berubah menjadi seperti semula. Matahari pagi bersinar menyorot mataku, ku bergegas menuju jendela kamar, ku lihat sekelilingku, ku perhatikan taman belakang rumahku. Tetapi tak ada seorang pun disana. Suasana sangat sunyi dan sepi. Ku tersadar aku hanya sendiri disini. Dirinya memangbenar-benar sudah pergi dan tidak akan pernah kembali lagi.

Minggu, 09 Maret 2014

"Cantik" itu apa sih?

Disemua kalangan kaum Hawa, kecantikan mungkin yang utama. Setiap kali membahas soal kecantikan, panjaaaang dan banyak yang dibahas. tapi berujung, cantik itu relatif.
Cantik itu reatif? apa lagi itu? oke, kita bahas seputar "cantik" terlebih dahulu.

Banyak cara yang dilakukan para wanita untuk mempercantik diri, dan memang perasaan ingin cantik adalah nikmat Allah SWT. Dari mulai, fashion dari ujung kepala sampai ujung kaki. begitu juga tak lupa kosmetik untuk wajah. Karena memang, wajah adalah suatu lokasi dimana semua orang akan bertumpu disitu. Tak hanya kosmetik yang selalu dipakai begitu berpergian, kaum hawa juga biasanya melakukan perawatan. Contoh sederhananya menggunakan segala macam krim sebelum tidur. Namun, hal ini tak bisa dikatakan mewah. Karena memang begitu lah wanita.

Walaupun saya sendiri bukanlah orang yg seperti dijabarkan diatas, namun perasaan ingin cantik pasti ada.Setiap orang begitu melihat orang lain dihadapannya lebih cantik dari dirinya akab berkata "cantik banget.." "subhanallah cantiknyaa" "waaw,badaai..." "widiiihh" atau mungkin ekpresi iri.  dan beragam macam ekspresi.

Wajar memang apabila kita melihat kecantikan seseorang itu dari fisiknya. Namun itu bukanlah hal yg 100% benar. Karena, sesungguhnya kecantikan itu datangnya dari dalam. atau yang biasa kita sebut "inner beauty"
Untuk para kaum wanita dengan wanita lain, untuk melihat inner beauty-nya memang kebanyakan harus mengenal lebih dekat. Namun, ada beberapa kasus yang begitu pertama kali membuka conversation sudah men-judge bahwasannya orang itu "jelek". Namun tetap, hal tersebut salah. Karena memang manusia diciptakan dengan kelebihan dan juga kekurangan. So, jangan pernah nilai orang dari kacamatanya saja, kenali dulu dari dalamnya:)

Biasanya, untuk melihat kecantikan dari dalam. orang tersebut seperti mengeluarkan aura aura positif dari dalam dirinya. tak dapat dilihat, namun bisa dirasakan. Contohnya, orang tersebut nyambung diajak ngobrol, tak terlihat gugup, bijaksana, dan cara berbicara yang santun. hal tadi membuat orang yang diajak ngobrol pun akan merasa nyaman.
Tak harus cantik seperti Pevita Pearce, Ariel Tatum, atau artis artis papan atas. Cukup percara diri, cukup menjadi diri sendiri. Cukup memberi sugesti kepada diri sendiri bahwasannya kamu cantik tak harus dari wajah, kamu cantik tak harus mewah. Tapi dari hati mu, dari sikap mu dan sifatmu.

Karena, belum tentu orang yang kamu fikir sangat sangat cantik juga melebihi kamu. Para kaum Adam pun mampu membaca sifat wanita dari begitu pertama kali memulai percakapan. atau beberapa orang mampu membaca sifat wanita dari gerak gerik atau cara berbicara ke oranglain. 

oleh : sitnuuurhas:)

5 Ciri wanita bidadari bumi, antara lain :
 1. Pancaran ketenangan dan keceriaan
Pancaran keceriaan dan ketenangan merupakan pancaran suasana hati.. Ketenangan ,keceriaan, dapat dirasakan oleh setiap orang yang hidup hatinya. Sebab cahaya dan kegelapan, kebaikan dan kejahatan di dalam hati ini seringkali terbias pada wajah dan mata. Kedua anggota tubuh ini (wajah dan mata) banyak sekali terkait dengan aktifitas hati
Perhatikan Firman ALlah Subhanahu wa Ta’ala:
“Dan kalau Kami menghendaki, niscaya Kami tunjukkan mereka kepadamu sehingga kamu benar-benar dapat mengenal mereka dengan tanda tandanya (Muhammad:30)
“Tanda-tanda mereka tampak pada muka mereka.” (Al-Fath:29)
Ibnu Abbas berkata: “Sesungguhnya amal kebaikan itu akan memancarkan cahaya di dalam hati, membersitkan sinar pada wajah, kekuatan pada tubuh, kelimpahan dalam rizki dan menumbuhkan rasa cinta di hati manusia kepadanya. Sesungguhnya amal kejahatan itu akan menggelapkan hati, menyuramkan wajah, melemahkan badan, mengurangkan rizki dan menimbulkan rasa benci di hati manusia kepadanya.” (Tafsir Ibnu Katsir (IV/204)).
2. Hikmah dan bijaksana
Hatinya selalu menimbang dengan timbangan akhirat sehingga segala urusan dunia yang bertentangan dengan syariat Allah dan Rasul-Nya akan mudah ia singkirkan dan tinggalkan.Jiwanya dipenuhi dengan kepercayaan yang tinggi bahwa segala sesuatu yang tercipta dan tertaqdir untuk dirinya pasti mengandungi pesan pesan Allah ,yang pesan pesan tersebut merupakan kunci bagi dirinya tuk dapat membuka pitu akhirat kelak.
Banyak peristiwa yang mungkin menyedihkan,menyesakkan dan menakutkan tapi dilalui itu semua dengan ketenagan hati sebagaimana firman Allah:
3. Keyakinan
Optimis atau keyakinan seorang muslimah merupakan product unggul pribadi yang Ihsan yaitu kepribadian yang didasrkan pada keyakinan bahwa dirinya adalah wakil Allah di bumi ini sehingga selalu berusaha untuk membuat kebaikan yang optimal bagi dirinnya, keluarga dan lingkungannya atas kemampuan yang Allah anugerahkan.
Muslimah berkepribadian cantik paham betul bahwa bukan pada makhluk ia harus bertanggung jawab tapi pada Rabb semesta alam sehinggakan semua aktifitas tersentral pada kacamata Allah SWT..
4. Empati
Bersikap Empati lahir dari hati yang lembut yang memahami bahwa kehidupan dirinya di dunia ini bukan diatas keinginan dan kesenangan pribadi, tapi atas kesadaran bahwa setiap pribadi ihsan dalam pandangan Islam dituntut untuk saling tolong menolong,bersikap toleransi,pengorbanan yang semua ini merupak warna kehidupan yang sebenarnya diantara seorang muslim dengan muslim lainnya ( ukhuwah ) dan atau antara muslim dan golongan diluar muslim
5. Aktif dan produktif 
Keaktifan dan produktifitas seorang muslimah terlihat pada kepekaan dan tanggung jawabnya pada diri,keluarga dan lingkungan . Hal ini teraplikasi dengan amal amal sholih yang baik dan terancang rapih.
Muslimah sejati nan menawan adalah seorang muslimah yang selalu mengagendakan semua aktifitasnya dalam mencari Ridha Allah SWT dan sehingga rutinitas kesehariannya akan membawa mamfaat bagi dirinya berupa pahala yang Allah janjikan dan juga sekitarnya .
 ‘Sesungguhnya Allah tidak akan menyia-nyiakan amal orang yang beramal di antara kamu baik laki-laki maupun perempuan” (QS Al Imran : 195) 
”Dan barangsiapa yang mengerjakan amal saleh baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, sesungguhnya akan kami berikan kepadanya kehidupan yang baik” (QS An nahl : 97)
6. Cerdas dan kreatif 
Kecerdasan muslimah akan terus tumbuh dengan proses perjalanan hidup yang dilaluinya terutama ketika proses tsb diiringi dengan proses belajar yang menjadi bagian wajib bagi dirinya
…. Dengan daya kreatifitas ini maka akan lahir keterampilan keterampilan unggulan seperti: 
a. Ketermpilan komunikasi ( personal komunikasi dan itra personal komunikasi)
b. Keterampilan memecahkan masalah
c. Keterampilan memanage emosi
d. Keterampilan aktualisasi diri dll.